Jumat, 12 Oktober 2012

Teori Organisasi Umum

Teori Organisasi Umum ( Tugas 1 ) 


1. Apa yang di maksud dengan organisasi ?
   
    Jawab :

    Organisasi adalah sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.


2. Mengapa organisasi di katakan sebagai wadah dan proses ?

     Jawab :

     Oranisasi sebagai Proses Maksud organisasi sebagai proses adalah dimana ide-ide dan saran dari anggota organisasi tidak hanya sebagai catatan saja, melainkan akan diproses menjadi sesuatu yang lebih baik dalam arti lain mengaplikasikan ide2 yang telah dikumpulkan dalam wadah tersebut .
      Organisasi sebagai Wadah Maksud organisasi sebaai wadah adalah tempat dimana suatu kelompok berkumpul untuk membicarakan dan bekerja sama dalam satu tujuan.Di dalam organisasi tersebut tempat orang-orang bertukar pikiran dan menuangkan ide-ide mengenai organisasi tersebut,karena itu maka dapat disebut sebagai wadah.


3. Organisasi ada formal dan informal, jelaskan masing - masing dan berikan contohnya ?

     Jawab :

      Oraganisasi formal Organisasi formal/ Resmi adaah organisasi yang dibentuk oleh sekumpulan orang/masyarakat yang memiliki suatu struktur yang terumuskan dengan baik, yang menerangkan hubungan-hubungan otoritasnya, kekuasaan, akuntabilitas dan tanggung jawabnya, serta memilki kekuatan hukum. Contoh organisasi formal ádalah perusahaan besar, badan-badan pemerintah, dan universitas-universitas. Organisasi informal Keanggotaan pada organisasi-organisasi informal dapat dicapai baik secara sadar maupun tidak sadar, dan kerap kali sulit untuk menentukan waktu eksak seseorang menjadi anggota organisasi tersebut. Sifat eksak hubungan antar anggota dan bahkan tujuan organisasi yang bersangkutan tidak terspesifikasi. Contoh organisasi informal adalah pertemuan tidak resmi seperti makan malam bersama.


4. Ceritakan pengalaman kalian pribadi kalian baik di organisasi formal maupun informal ?

     Jawab :

      Untuk pengalaman pribadi di kegiatan organisasi formal adalah dengan bekerjanya di salah satu perusahaan swasta di Jakarta dimana perusahaan tersebut bergerak di bidang Finance dengan nama perusahaan P.T. Federal International Finance yang berkecimpung di bidang pembiayaan kredit sepeda motor khususnya Honda, dengan bergabungnya atau bekerjanya di perusahaan tersebut kita semakin banyak tahu dan mengerti dengan berbagai macam karakter orang yang dapat dipelajari karena di perusahaan tersebut yang notabennya bertemu atau bertatap muka dengan orang banyak.

       Sedangkan untuk organisai informal adalah pada waktu duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama di mana kegiatan organisasinya adalah dengan mengikut sertakan berbagai macam ektra kurikuler dan di mana ektrakurikuler PASKIBRA (Pasukan Pengbibar Bendera yang diikuti. Di sana pendidikan sekelas militer lah yang di terapkan dalam paskibra tersebut, dantaranya dilatihnya kedisiplinan, kesopanan, kemandirian.


 WAWAN SETIAWAN
 17111366
 2 KA 43

Tidak ada komentar:

Posting Komentar