Sabtu, 20 Oktober 2012

Artikel Hidup Bersosialisasi

HIDUP BERSOSIALISASI DAN BERADAPTASI DI LINGKUNGAN ANTAR SESAMA




Setiap makhluk hidup pasti hidup bersosialisasi dan beradaptasi terhadap lingkungan sekitar tempat tinggalnya. Begitupun kita sebagai manusia makhluk yang paling sempurna pasti sebagian hidupnya harus bersosialisasi dan beradaptasi untuk berkembang biak untuk bertahan hidup, tujuan kita bersosialisasi dan beradaptasi adalah untuk mengenal dan memperat tali silahturahmi antar sesama. Di dalam perjalanan hidup tidak mungkin kita dapat bertahan hidup dengan sendirinya, pasti kita membutuhkan bantuan dari orang lain dalam keadaan apapun dan kondisi apapun. Itu beberapa tujuan dari bersosialisasi dan beradaptasi.
            Dalam hidup bersosialisasi dan beradaptasi kita dapat saling mengenal dengan satu sama lain. Bahkan dari yang tadinya kita tidak mengenal dapat menjalin tali persaudaraan. Dalam hidup bersosialisasi pun kita harus memiliki sikap sopan santun antar sesama, hal ini dilakukan untuk menjalin kerukunan di lingkungan sekitar agar terciptanya suasana yang tentram. Jika kita bersikap sopan santun dengan para sesama niscaya jalinan pertemanan pun akan semakin luas, namun sebaliknya jika kita tidak bersikap sopan santun maka musibah lah yang akan menimpa kita, yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain.
            Maka dapat diketahui bahwa sopan santun haruslah diterapkan dimana pun saat itu kita berada yang sesuai dengan tuntutan lingkungan kita berada. Seperti contohnya di dalam lingkungan rumah baik di dalam maupun di luar lingkungan rumah, maka sopan santun yang harus diwujudkan antara lain :
1.      Menghormati orang tua, seperti bertingkah laku yang baik, berbicara dengan lemah lembut, berkata jujur, tidak melakukan perbuatan yang dapat menyakiti perasaannya seperti suka membohong, tidak menuruti perintah / melanggar peraturannya, dan selalu mendengarkan segala nasihatnya. Hal tersebut harus kita jalani, karena sebagai anak, seseorang yang harus kita jadikan unsur utama dalam penerapan sopan santun ialah orang tua, selain beliau merupakan orang yang amat berjasa dalam perjalanan kehidupan kita, orang tua juga telah memberikan begitu banyak pengorbanannya agar dapat membesarkan kita hingga saat ini, maka orang tua sudah sepatutnya dihormati agar ia juga dapat merasakan kebahagiaan dan kegembiraan dengan adanya keberadaan kita di sampingnya.

2.       Menyayangi adik, kakak, saudara, dan seluruh keluarga dengan cara bertutur kata yang baik, tidak berkata kasar dan sombong, tidak mencemooh, saling membantu, dan menjaga hubungan yang harmonis dengan seluruh anggota keluarga. Hal tersebut kita lakukan karena anggota keluarga merupakan bagian dari darah daging kita yang harus selalu kita hargai keberadaannya agar hubungan harmonis, serasi, selaras, dan seimbang akan selalu terjaga di dalamnya.

3.       Menghormati para tetangga yang berada di sekitar rumah dengan sering bertegur sapa ketika saling bertemu, tidak saling menjatuhkan / mencemarkan nama baik, tidak berbicara kasar, dan saling tolong menolong disaat sedang ada yang membutuhkannya. Hal tersebut kita lakukan karena tetangga merupakan orang – orang yang tinggal dekat dengan kita serta selalu hidup berdampingan dengan kita, maka kehidupan dan hubungan harmonis haruslah selalu terjaga agar tidak terjadi suatu perselisihan ataupun pertentangan yang akan menimbulkan perpecahan dan akan menghancurkan keharmonisan di dalam kehidupan bertetangga yang akan menimbulkan kesengsaraan bagi diri kita sendiri.
            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar