Minggu, 11 Januari 2015

Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia (Automotif Multimedia Interface Collaboration / AMIC)

Apa yang kalian ketahui tentang Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia (Automotif Multimedia Interface Collaboration/AMIC) :
a. Berikan Penjelasan ; 
b. Berikan Contoh Kelebihan dan Kekurangan ; 
c. Berikan Saran ; 

Jawab : 
a. Penjelasan : 
          Kolaborasi antar-muka otomatif multimedia merupakan sebuah hubungan antara multimedia yang ada dengan interface/antarmuka dalam dunia transportasi(menurut saya sendiri). Mengapa demikian ? Karena pada pengertian pola dasar kata tersebut mengarah pada kolaborasi yang artinya adalah hubungan atau sebuah penggabungan. Lalu terdapat kata otomotif yang berarti sebuah ilmu yang mempelejari tetntang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin(wikipedia) dan terdapat pula kata antar-muka yang berarti sebuah interaksi pengguna. Maka dapat disimpulkan bahwa Kolaborasi antar-muka otomatif multimedia adalah segala hal yang berhubungan dengan interface/antarmuka & multimedia dalam dunia transportasi.
          Kolaborasi Antarmuka otomotif multimedia adalah sebuah organisasi yang dibentuk untuk menetapkan standarisasi yang digunakan untuk mengatur bagaimana perangkat elektronik dapat bekerja seperti komputer & alat komunikasi pada kendaraan, sehingga alat-alat elektronik tersebut dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan kendaraan. Karena belum tentu alat-alat elektronik tersebut sesuai(compatible) dengan setiap kendaraan(mobil) oleh karena itu diperlukan standar agar perangkat elektronik tersebut tidak mengganggu kerja sistem mobil. 
          Dengan begitu pengguna kendaraan akan menggunakan sebuah sistem komputer di kendaraan yang sudah di lengkapi dengan teknologi ini, seperti penggunaan GPS atau hal semacamnya yang berhubungan dengan teknologi. 

1. Sejarah AMIC 
          Dalam bahasa Inggris dikenal dengan The Automotive Multimedia Interface Kolaborasi (AMIC) didirikan pada Oktober 1998 dengan tujuan untuk mengembangkan serangkaian spesifikasi umum untuk multimedia interface ke sistem elektronik kendaraan bermotor untuk mengakomodasi berbagai berbasis komputer perangkat elektronik di dalam kendaraan. Inisiatif ini-yang pendiri Daimler-Chrysler, Ford, General Motors, Renault dan Toyota – sekarang kelompok semua auto utama pembuat, dan dengan demikian menyediakan kesempatan strategis baru untuk mencapai suatu set umum industri mobil. 
          Untuk berbagai alasan, kendaraan telah tertinggal di belakang rumah dan perangkat komputasi mobile ketika datang ke alat produktivitas dan multimedia. Keamanan, kehandalan, biaya, dan desain waktu memiliki semua faktor dalam produsen mobil ‘menunda penerimaan teknologi baru. Makalah membahas otomotif standar untuk antarmuka multimedia. Organisasi seperti Otomotif Kolaborasi Multimedia Interface (AMI-C) memiliki kesempatan untuk menjadi kekuatan pendorong di belakang upaya standardisasi. 

2. Arsitektur Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia 
     • AMI-C 3023 Power Management Specification 
     • AMI-C 3013 Power Management Architecture 
     • AMI-C 2002 1.0.2 Common Message Set Power Management 
     • AMI-C 3034 Power Management Test Documents 
     • AMI-C 4001 Revision Physical Speci .cation. 

3. Struktural Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia Automotive Multimedia Interface
          Kolaborasi (AMIC) mengatakan akan menjadi tuan rumah tiga update internasional briefing untuk menjadi pemasok otomotif, komputer dan teknologi tinggi industri elektronik. Briefing akan diadakan 23 Februari di Frankfurt, Jerman; Februari 29 di Tokyo; dan Maret 9 di Detroit. 
       “AMIC telah membuat suatu kemajuan yang signifikan dalam satu tahun terakhir ini dalam menyelesaikan struktur organisasi dan mencapai kesepakatan mengenai persyaratan yang diperlukan untuk hardware dan software baik di masa depan mobil dan truk,” Jurubicara AMIC Dave Acton berkata, “Dan sekarang sudah saatnya bagi kita untuk bertemu dengan pemasok dan mereka yang tertarik untuk menjadi pemasok untuk memastikan kami pindah ke tahap berikutnya pembangunan kita bersama-sama.“ 
         Acton menekankan bahwa AMIC terbuka untuk semua pemasok yang tertarik bisnis elektronik. AMIC dibentuk pada bulan September l998 dan saat ini dipimpin oleh 12 produsen otomotif dan anak perusahaan yang meliputi: BMW, DaimlerChrysler, Ford, Fiat, General Motors, Honda, Mitsubishi, Nissan, PSA / Peugeot-Citroen, Renault, Toyota, dan VW. Seorang juru bicara mengatakan kelompok AMIC berencana untuk mendirikan sebuah kantor di San Francisco di masa depan. 

4. Kelebihan dan Kekurangan dari Kolaborasi Antarmuka Otomotif Multimedia 
Kelebihan : 
 Menyediakan interface standar untuk memungkinkan pengendara mobil untuk menggunakan berbagai media, komputer dan perangkat komunikasi - dari sistem navigasi dan hands-free telepon selular, melalui manusia maju / mesin sistem antarmuka, termasuk pengenalan suara dan sintesis, untuk dipersembahkan komunikasi jarak dekat ( DSRC) sistem untuk kendaraan untuk infrastruktur komunikasi dan sistem mobil seperti airbag, pintu kunci dan diagnostik input / output. 
 Meningkatkan pilihan dan mengurangi keusangan sistem elektronik kendaraan. 
 Memotong biaya keseluruhan informasi kendaraan dan peralatan hiburan dengan meningkatkan ukuran pasar yang efektif dan memperpendek waktu pengembangan - industri otomotif efektif terdiri dari banyak pasar yang kecil karena setiap platform kendaraan sering mengandung berbagai adat-mengembangkan komponen dan platform yang khas hanya sekitar 50.000 unit. 
 Menawarkan standar terbuka dan spesifikasi untuk informasi interface dalam kendaraan dan antara kendaraan dan dunia luar. 
Kekurangan : 
          Dengan system AMIC ini harga jual dari kendaraan yang terdapat pada system ini pasti di jual dengan harga mahal. 
Saran : 
         Dengan kemajuan system seperti ini harus dilengkapi dengan keamanan system yang melindungi dari berbagai ancaman, baik dari aplikasi maupun databasenya sehingga tidak mengganggu proses kerjanya. 



Source:
http://monstajam.blogspot.com/2012/11/fungsional-kolaborasi-antarmuka.html http://alexanderfransiskus.blogspot.com/2013/11/kolaborasi-antarmuka-otomotif.html